Sejarah Fikes UIA

Berdirinya Program Studi Ilmu Keperawatan (NERS) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Universitas Islam As-syafi’iyah (UIA) dilandasi oleh cita-cita terciptanya pelayanan keperawatan yang profesional dan Islami. Untuk itu maka, pada tahun 2005 dibentuk Kelompok Kerja (POKJA) Keperawatan yang berada di Akademi Perawat (AKPER) UIA dengan tugas utama mengkaji pelayanan keperawatan yang profesional dan Islami bersama dengan Concorcium Health Science (CHS).

Pada perjalanannya kemudian Tim Perijinan yang dibentuk oleh AKPER - UIA tanggal 1 Agustus 2007 berhasil mendapatkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 41/DIKTI/Kep/2001 tentang ijin pembukaan Program Studi Ners. Berbekal surat keputusan tersebut pada tahun akademik 2007-2008 Program Studi Ners FIKES UIA membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan pertama. Proses pendidikan yang diselenggarakan oleh NERS FMIPA UIA melalui dua tahapan meliputi tahap pendidikan akademik untuk mencapai gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep).

Program Studi Ners pada tahun 2012 telah di akreditasi dengan peringkat C oleh BAN-PT dengan SK No. 016/BAN- PT/Ak/X/S1/VI/2012. Dan pada tahun 2018 telah di akreditasi oleh LAMP PT KES. Program pendidikan keperawatan diselenggarakan sebagai wujud peran serta UIA dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan bidang kesehatan khususnya perawatan kesehatan. Di samping itu, dimaksudkan pula untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan keperawatan yang profesional dan Islami.

Oleh karena itu tujuan pendidikan program studi ini adalah menghasilkan tenaga keperawatan yang profesional, memiliki integritas iman dan taqwa, melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran mutakhir dan didukung oleh sumber daya yang memadai baik kualitas maupun kuantitas sesuai dengan bidang keahliannya, serta mampu melakukan fungsi tridharma perguruan tinggi dan membuat jejaring kerjasama baik dalam dan luar negeri.